DEPARTEMEN AKADEMIK

Membawahi lima Divisi yang mana pembagian divisi ini disesuaikan dengan Program Kekhususan (PK) yang terdapat dalam Fakultas Hukum Universitas Nasional antara lain :

  • Hukum Keperdataan
  • Hukum Bisnis dan Ekonomi
  • Hukum Tata Negara
  • Praktisi Hukum, dan
  • Hukum Internasional

Departemen Akademik mempunyai tugas dan fungsi sebagai sumber informasi kepada mahasiswa Fakultas Hukum khususnya bagi yang belum menentukan pilihan PK untuk mensosialisasikan PK yang terdapat di Fakultas Hukum Unas,

  • Memberikan pengarahan dan petunjuk kepada calon mahasiswa PK, guna menentukan PK yang sesuai dengan bakat dan minatnya serta memberikan keterangan yang menyeluruh tentang masing -masing PK seperti jenjang karir dan sebagainya.

  • Melakukan penelitian terhadap permasalahan dimasyarakat yang berkaitan dengan PK.

  • Menyelenggarakan diskusi interaktif tentang hal-hal yang berkembang dimasyarakat yamg terkait dengan PK dan hal-hal yang bersifat akademik lainnya dilingkungan Fakultas Hukum Universitas Nasional

DEPARTEMEN PRAKTISI

Membawahi dua divisi yaitu Litigasi dan Non- Litigasi, personalia dalam departemen ini adalah mahasiswa senior yang telah menuntaskan hampir seluruh mata kuliah di lingkungan Fakultas Hukum Universitas Nasional, guna menerapkan ilmu yang telah didapatkannya dikelas, dan alumi Fakultas Hukum Universitas Nasional.

Pembagian divisi disesuaikan dengan realitas pada saat ini dalam proses penyelesaian permasalahan (sengketa) hukum yang terjadi dimasyarakat, yang dilakukan dengan dua cara yaitu Litigasi dan Non-Litigasi.

DIV. LITIGASI

Memiliki tugas dan fungsi sebagai mediator dalam proses penyelesaian sengketa dan agen dalam proses beracara. Menerima dan mempelajari kasus yang diterima dari masyarakat guna mencari solusi terbaik bedasarkan prosedur yang terdapat dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku dengan tidak lupa mengedepankan asas Keadilan dan Penegakan Hukum.

Dalam penyelesaian sengketa dipengadilan Div. Litigasi bertindak sebagai agen Pembela Umum yang telah memiliki license Advokat bedasarkan Undang -undang No. 18 Tahun 2003. Dengan tidak lupa untuk melibatkan seluruh mahasiswa Fakultas Hukum Unas dalam proses penyelesaian sengketa.

DIV. NON-LITIGASI

Memiliki tugas dan fungsi sebagai pelayan masyarakat dalam proses administrasi dan prosedural pendaftaran dan proses pembentukan Badan Hukum, Hak Kekayaan Intelektual, Pendaftaran Pengalihan Hak atas Tanah dan Bangunan, Legal Opinion, Legal Audit, Legal Memorandum.

Jasa notarial lainnya tentunya semua dilakukan atas dasar ketentuan peraturan perundang- undangan yang berlaku. Div. Non-Litigasi bertindak sebagai agen Notaris, Konsultan HKI, Kurator dan Konsultan Hukum Pasar Modal dan Perbankan yang mana dalam setiap melaksanakan tugas dan fungsinya tidak lupa untuk melibatkan seluruh mahasiswa Fakultas Hukum Unas.

KAMI DAPAT MEMBERIKAN BANTUAN HUKUM BAGI SELURUH MAHASISWA UNIVERSITAS NASIONAL, ANGGOTA KELUARGA, SAUDARA, TEMAN YANG MEMILIKI PERSOALAN DENGAN HUKUM. SAMPAIKAN
MASALAH, SARAN DAN KRITIKAN ANDA MELALUI :

FORUM DISKUSI

DENGAN KERJASAMA SELURUH MAHASISWA FAKULTAS HUKUM UNAS MARI KITA BANTU MASYARAKAT DEMI TEGAKNYA HUKUM DAN KEADILAN