Logo Klinik HukumMahasisiwa Fakultas Hukum merupakan kaum intelektual yang perlu turut serta dalam pembangunan hukum nasional. Arah kebijakan hukum nasional perlu dicermati oleh mahasiswa sebagai penerus bangsa. Dalam merealisasi hal tersebut mahasiswa tidak serta merta mampu berpartisipasi secara langsung. Pemahaman akan keilmuan dan praktek dibidang hukum seharusnya sudah diperoleh di dalam perguruan tingi, namun pada kenyataannya perguruan tinggi hanya mengedepankan kemampuan akademikmahasiswa melalui kurikulum pendidikan. Sedangkan pengembangan kemampuan beracara ataupun praktek dalam mengaplikasikan ilmu hukum dirasakan sangat kurang, karena selama ini wacana mengenai pengembangan praktek mahasiswa hanya diwujudkan dalam pemberian materi dalam suatu mata kuliah. Tetap saja pemberian materi kuliah tersebut hanya sebatas kerangka teori.

Hal ini tentu saja bertentangan arus globalisasi yang lebih menuntut mahasiswa yang memiliki proporsionalisme dalam kemampuan akademik ataupun berkarya yang seharusnya sudah terintegrasi dengan baik selama menuntut ilmu dalam perguruan tinggi.

Kebutuhan membangun proporsionalisme di kalangan mahasiswa untuk menghadapi arus globalisme inilah yang harus dilakukan sedini mungkin dengan suatu persiapan baik dalam hal kompetensi akademik maupun membangun komunikasi keluar dunia kampus yang berkaitan dengan bidang ilmu hukum di dalam civitas akademika kita diberikan kerangka teori melalui pemahaman akademik, yang mana masih banyak problematika yang harus diselesaikan dalam memahami secara komprehensif ilmu yang diberikan. Dilain sisi tuntutan dunia loar tidak semata mata terpaku pada kemampuan akademik saja yang dibutuhkan, namun pengembangan teori dan praktek haruslah seimbang yang menjadikan kita mahasiswa fakultas hukum sebagai tenaga terampil dan profesional. Oleh karena itu, kami membuat rencana pementukan Klinik Hukum Universitas Nasional agar persoalan persoalan tersebut diatas yang menjadi kebutuhan mahasiswa dapat teratasi.

Jika ada pertanyaan tentang topik ini silahkan gunakan Forum Diskusi “klik disini
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.